PREVIEW Persib Bandung vs Arema FC: Menunggu Hasil Investasi Maung Bandung

Aji Santoso minta Essien & Cole turun | PHOTO: Persib
19

Laga antara dua klub favorit juara, Persib Bandung melawan Arema FC, tersaji di pekan pertama Liga 1 Indonesia musim ini, dan dengan segala intrik yang ada di antara kedua tim, pertandingan ini selalu menjanjikan persaingan keras dan panas.

Namun musim ini ada cerita menarik baru yang terpapar, kehadiran Michael Essien ke Persib Bandung menjadi sebuah pencapaian besar, bukan hanya untuk perwakilan Ibu Kota Jawa Barat, tapi Indonesia yang langsung menerapkan regulasi pemain marquee.

Meski Indonesia sebenarnya sudah pernah kedatangan Mario Kempes, dan Roger Milla, Essien tiba pada usia yang masih tergolong wajar. 34 tahun dan masih bisa menjanjikan berbagai hal untuk tim.

Selain Essien, Persib juga mendatangkan mantan penyerang Chelsea dan West Ham, Carlton Cole. Status Cole bukanlah sebagai marquee, namun dengan pengalamannya selama bermain di Inggris, penyerang yang sudah dianggap sebagai pahlawan oleh penduduk London Timur tentu membuat publik semakin penasaran.

Kedua pemain itu sudah berhasil mendapatkan kitas, dan dapat diturunkan di laga perdana, Sabtu, 15 Maret 2017. Meski baru awal liga, Persib tentu berharap investasi yang diperkirakan sebesar enam miliar Rupiah itu bisa memberikan kontribusi.

“Kabar ini [kitas Essien-Cole] baru saya dengar tadi. Ini tentu berita baik, dan mereka akan kami turunkan meski mungkin tidak dari awal,” Kata Sang Pelatih Persib, Djajang Nurjaman.

Mengingat beberapa orang seperti Robert Alberts, Simon McMenemy, dan Evan Dimas, meragukan kemampuan pemain marquee untuk bisa bermain bagus di Indonesia, laga melawan Arema bisa menjadi pijakan solid bagi Essien membungkam kritik.

Mengingat penyerang Inggris tenar terakhir yang datang ke Indonesia, Marcus Bent, gagal total bersama Mitra Kukar, Carlton Cole juga perlu sebuah pernyataan kuat di depan gawang Kurnia Meiga.

Gaya permainannya yang serupa dengan penyerang Arema, Cristian Gonzales, jadi modal awal Cole untuk membahayakan gawang Singo Edan, tapi Aji Santoso merasa tidak adil jika lampu sorot hanya ditaruh ke dua pemain tersebut, karena menurutnya Persib lebih dari sekedar Essien dan Cole.

“Saya juga ingin melihat Essien dan Cole turun sejak awal, tapi Persib memiliki pemain berkualitas yang merata, bukan mereka berdua saja,” Kata Pelatih Arema yang mematok target satu poin pada lawatannya ke Bandung kali ini.

Berjanji untuk tetap menyerang di kandang lawan, pencetak gol terbanyak Piala Presiden 2017, Cristian ‘El Loco’ Gonzalez akan menjadi tumpuan utama Aji untuk mendobrak pertahanan Persib.

Sayangnya, semenjak berseragam Arema, El Loco tidak terlalu mujur melawan Maung Bandung. Bersama Singo Edan, Ia baru mencetak satu gol, dan hal itu sudah cukup lama terjadi, tepatnya pada 2013. Hal ini memberikan tugas lebih ke Adam Alis dan juga Nasir yang menyokong Gonzalez dari lini tengah.

Adam Alis yang masih tergolong pemain baru di tubuh Arema sudah berhasil menyatu dengan tim, dan kreatifitasnya akan sangat dibutuhkan untuk mendobrak pertahanan Persib. Apalagi saat dua bek Persib, Bagas Adi Nugroho dan Wildansyah, sudah bersiap meredam Gonzalez, kejutan-kejutan dari lini kedua menjadi semakin wajib.

Arema tidak pernah kalah dari Persib Bandung di lima pertemuan terakhir mereka, dan tanpa kehadiran Feri Aman Saragih, Arif Suyono, dan Beni Wahyudi, cukup sulit bagi Aji Santoso mempertahankan rekor itu di hadapan bobotoh yang memadati Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

KICK-OFF: 18.30 WIB

LIVE: TV ONE

PREDIKSI: Persib Bandung 1-1 Arema FC

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.