PREVIEW: Kualifikasi Piala Dunia 2018 – Uzbekistan vs Korea Selatan

Menang atau Bubar kata Odil Ahmedov | PHOTO: AFC
63

Tiga tempat tersisa di Rusia untuk para wakil Benua Asia. Setelah Iran, dan Jepang berhasil memastikan diri mereka lolos ke Piala Dunia 2018, masing-masing grup hanya memiliki satu tempat tersisa, ditambah negara pemenang play-off di kualifikasi antar benua.

Dari grup A, Korea Selatan, dan Uzbekistan, dua dari tiga negara yang berpeluang lolos otomatis ke Piala Dunia akan bertemu esok hari (5/9). Kedua negara saat ini hanya terpaut dua poin (14:12), dengan Korea Selatan ada di posisi dua klasemen, dan Uzbekistan sebagai peringkat empat grup. Pecahan Uni Soviet itu kalah selisih gol dengan Syria yang ada di peringkat tiga meski sama-sama mengoleksi 12 poin.

Bagi Uzbekistan yang akan bertindak sebagai tuan rumah, kemenangan adalah harga mati. Mereka hampir lolos ke Piala Dunia 2014 di Brazil. Namun, perjuangan Ignatiy Nesterov dan kawan-kawan buyar setelah ditekuk oleh Jordan. Uzbekistan yang sebenarnya punya peluang lolos otomatis ke Brazil dengan 14 poin harus lewati ronde empat karena kalah selisih gol. Negara yang memiliki selisih gol lebih baik saat itu adalah Korea Selatan!

Skenario kualifikasi Piala Dunia 2014 sama seperti saat ini. Iran sebagai juara grup. Sementara Korea Selatan, dan Uzbekistan bertarung mendapatkan tiket otomatis kedua. Memori pahit itu tentu akan membuat panas laga satu ini. Kapten Uzbekistan bahkan mencanangkan ‘Menang atau Bubar!’.

“Ini peluang terakhir kami. Pilihannya adalah menang atau bubarkan sepak bola di negara ini,” Ungkap sosok sentral Uzbekistan, Odil Ahmedov. Ahmedov yang bermain bersama Shanghai SIPG di level klub enggan untuk mengulang sejarah. “Kami sudah merasakannya,” Kata dia ke FIFA.com ketika ditanya peluang lolos dari play-off.

Sementara Korea Selatan juga menjadikan kemenangan harga mati di Tashkent. Menurut Shin Tae-Yong sebagai pelatih kepala, kekuatan mental, dan fisik jadi kunci utama mereka untuk raih tiga poin. “Kami akan pulang dangen kemenangan,” Janji Shin kepada awak media di Tashkent.

Janji tersebut diutarakan Shin meski tahu bahwa gelandang andalannya, Ki Sung-Yeung belum sepenuhnya pulih dari cedera. “Ki sudah berlatih, tapi mungkin ia tidak ada bermain penuh,” Aku Sang Pelatih Kepala.

Sama-sama mengincar kemenangan, Korea Selatan masih bisa bermain lebih lepas karena tidak terpengaruh hasil laga lain. Sementara Uzbekistan perlu memasang satu mata mereka ke laga Iran lawan Suriah. Berharap negara yang sudah pasti lolos tidak main-main melawan penghuni peringkat tiga grup.

Tergantung Samurai Biru

Sama seperti Uzbekistan, beberapa negara di grup B juga bergantung pada pemuncak klasemen, Jepang. Pada hari yang sama, Jepang akan berhadapan dengan Arab Saudi. Jika mereka berhasil meraih kemenangan, Sang Samurai Biru bisa membantu Australia untuk lolos otomatis ke Piala Dunia.

Arab Saudi, dan Australia sama-sama mengoleksi 16 poin. Tapi The Socceroos kalah selisih dua gol dari Arab Saudi. Untungnya, mereka bertemu dengan juru kunci, Thailand di laga terakhir. Andai Jepang menang lawan Arab Saudi, Australia bisa mengunci tiket otomatis ke Rusia.

Secara matematika, Uni Emirates Arab juga berpeluang lolos. Tapi mereka harus menang cukup besar dari Irak, dan berharap Arab Saudi, dan Australia menelan kekalahan.

Prediksi:

Uzbekistan 1-0 Korea Selatan

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.