PRA-MUSIM: PSM Makassar

Semangat Menjawab Beban, Meski Kehilangan Pilar!

Pluim jadi tumpuan baru PSM | PHOTO: Twitter / @PSM_Makassar (Cropped)
395

Berhasil mengakhiri Liga 1 2017 di peringkat tiga klasemen, PSM Makassar akan menatap musim ini dengan optimisme tinggi. Tak banyak merubah komposisi tim, CEO PSM Makassar Munafri Ariffudin tetap siap memberi ruang untuk amunisi baru jika dibutuhkan oleh Pelatih Rene Alberts.

“Hampir semua tim berbenah untuk menjadi lebih kuat dari musim lalu. Kini musim 2018 tinggal satu bulan lagi. Saya sebagai CEO PSM menunggu hasil pemusatan latihan di Bali. Jika tim masih kurang ideal, dan ada rekomendasi nama, akan saya eksekusi,” Ungkapnya kepada bola.com.

“Tapi semua tergantung Pelatih Rene Alberts. Apabila masih membutuhkan pemain, akan kami bantu untuk datangkan,” Tegasnya.

Sejauh ini, PSM telah mendatangkan 10 pemain baru termasuk Hasyim Kipuw, dan Arsyad Yusgiantoro, yang sudah malang melintang di kompetisi sepak bola Indonesia. Namun, mereka juga kehilangan beberapa nama penting seperti Ferdinand Sinaga, Syamsul Haerudin, serta Hamka Hamzah yang merupakan sosok senior di dalam tim.

Untungnya, Rene Alberts mengaku tak keberatan dengan kepergian pemain-pemain tersebut. Menurut pelatih asal Belanda itu, pemain datang, dan pergi. Tapi dirinya juga sadar bahwa pemain yang selevel dengan Ferdinand, dan Hamka sudah dikontrak oleh klub lain.

“Pemain datang, dan pergi sudah biasa. Begitulah sepak bola profesional. Ada yang memilih sesuai nilai kontrak. Ada juga yang memikirkan jam terbang. Rata-rata pemain yang selevel dengan mereka telah memiliki klub, tapi sekali lagi, beginilah sepak bola profesional,” Kata Alberts seperti dikutip oleh Bolalob.

Untuk menggantikan peran Ferdinand Sinaga, PSM telah mendatangkan Guy Junior dari Bhayangkara FC, dan mantan punggawa Suwon FC, Bruce Djite. Mereka ikut berkontribusi dalam tujuh gol untuk timnya masing-masing musim lalu. Meski raihan gol mereka ada di bawah Ferdinand, Alberts tetep puas dengan penyerang baru yang ia miliki.

Rene Alberts yang sempat pergi meninggalkan tim asuhannya untuk menangani Indonesia Selection melawan tim nasional Islandia bahkan melempar pujian kepada Djite seusai pertandingan internal.

“Kami sempat menjalani laga internal 2×35 menit. Sebagai penyerang, dia [Djite] bermain cukup baik mengingat dirinya baru bergabung dengan tim,” Kata Alberts kepada GOAL. Sementara Munafri secara terbuka ke bola.com mengatakan bahwa Guy Junior sengaja ia datangkan untuk menjadi pengganti Ferdinand Sinaga. Selain dua nama itu, mereka juga masih memberi kesempatan kepada mantan penyerang Indonesia U-19 Muchlis Hadi untuk kembali membela PSM.

Menurut Media Officer PSM Widya Syadzwina, para pemain menjalani pemusatan latihan dengan serius. Bahkan sampai menambah porsi latihan mereka sendiri untuk mempersiapkan diri menuju kompetisi Liga 1 2018.

Incar Gelar Juara

Dengan modal berharga dari musim lalu, dan persiapan matang saat ini, punggawa anyar PSM, Guy Junior percaya bahwa tim Juku Eja dapat menjadi juara di Liga 1 2018. Dirinya ingin mengubah dahaga suporter PSM menjadi motivasi sepanjang liga.

“Ekspektasi mereka adalah dorongan bagi saya untuk terus bermain optimal bersama PSM. Ini adalah tim besar, dan serius mempersiapkan diri untuk musim 2018. Dengan mengenakan seragam PSM, saya bermain dengan pemain-pemain terbaik Indonesia, dan juga kreator permainan terbaik di liga, Wiljan Pluim,” Kata pemain yang sudah berkomuniasi dengan PSM sejak pertengahan musim lalu.

Hal yang sama juga diutarakan Hasyim Kipuw kepada bola.com. “PSM sangat serius membangun tim untuk menjadi juara musim depan. Tugas utama saya sebagai pemain adalah membantu tim. Pilihan utama atau bukan, tidak masalah. Saya yakin semua di PSM punya keinginan yang sama. Membawa tim ini juara,” Ungkap bek kelahiran Tulehu, Maluku itu.

Harapan melihat PSM untuk menjadi juara sudah disuarakan para suporter Juku Eja sejak musim lalu. Kali ini, mereka bahkan meminta tim kesayanganya untuk menjuarai dua turnamen pra-musim yang diikuti, yakni Makassar Super Cup (19 & 21 Januari 2018), dan Piala Presiden 2018 (16 Januari – 17 Februari 2018).

Ya, PSM Makassar menjalani dua turnamen di waktu yang bersamaan!

Berikut jadwal pertandingan PSM di Makassar Super Cup, dan Piala Presiden 2018:

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.