Chelsea Juara, Arsenal Absen dari Eropa – Prediksi Klasemen Akhir Premier League 2016/17

Akankah klasemen terguncang | PHOTO: Twitter / @premierleague
28

Pekan ke-35 Barclays Premier League segera dimulai dengan laga Tottenham Hotspur melawan West Ham United, 6 Mei 2017, dini hari nanti. Dengan mayoritas klub peserta tinggal memiliki 12 poin untuk dipertaruhkan, gambaran menuju akhir musim semakin terlihat jelas. Namun, katanya liga ini penuh dengan kejutan, jadi apa saja kira-kira hal tak terduga yang bisa terjadi sebulan ke depan ?

1. Swansea City lolos dari degradasi

Sejak awal musim, setelah ditinggal kapten mereka, Ashley Williams, klub asal Wales, Swansea City diprediksi akan turun dan bermain di EFL Championship musim depan. Hal itu didukung posisi mereka yang saat ini menempati peringkat 18 klasemen, namun, ada peluang untuk The Jack Army tetap melihat tim favoritnya berkiprah di divisi utama Inggris, Premier League.

Keberuntungan mereka akan dimulai pekan ini dengan sebuah kemenangan tak terduga melawan Everton yang juga merupakan klub Ashley Williams. Kemudian melawan klub yang sudah pasti terdegradasi, Sunderland, dilanjutkan dengan West Bromwich Albion, Swans bisa menyapu bersih sembilan poin untuk lolos dari degradasi.

Hal ini terbantu pula oleh jadwal berat Hull City yang masih harus menghadapi Crystal Palace, dan Tottenham Hotspur di penghujung liga.

2. Chelsea kunci gelar pekan depan

Tottenham mungkin bermain lebih dulu dan bisa menekan Chelsea dengan kemenangan atas West Ham dini hari nanti, tapi jadwal mereka tidak menguntungkan, dan berpihak pada tim pemuncak.

Chelsea dan Tottenham akan sama-sama meraih kemenangan pekan ini, tapi The Blues akan mendapatkan kado dari Jose Mourinho setelah Manchester United menekuk The Lilywhites di minggu ke-36. Andai saat itu terjadi, dan Chelsea sukses meraih tiga poin dari West Bromwich Albion, Antonio Conte akan dipastikan mengangkat piala juara di akhir musim.

3. West Bromwich Albion Termakan Persaingan Papan Atas

Jika jadwal Tottenham Hotspur tidak berpihak pada tim asuhan Mauricio Pochettino, tunggu sampai dia melihat nasib West Bromwich Albion.

The Baggies berhasil melewati ekspektasi dengan bertengger di posisi delapan klasemen hingga saat ini, tapi lawan-lawan yang akan mereka hadapi memiliki agenda tersendiri sehingga sulit menahan laju tim seperti Swansea, Manchester City, dan Tottenham.

Satu-satunya tim yang ambisinya bisa ditahan oleh West Bromwich Albion hanyalah Burnley, karena Clarets telah berhasil mencapai titik aman Premier League, yakni, 40 poin.

4. Liverpool Tejun Bebas

Gol tunggal Emre Can ke gawang Watford sukses memberikan Liverpool tiga poin untuk tetap bertahan di zona UEFA Champions League. Namun di laga itu, nampak bahwa The Reds mulai kesulitan mencari pemecah kebuntuan sehingga perlu sesuatu yang spesial untuk membobol gawang tim papan tengah seperti Watford.

Penyakit tersebut nampaknya akan terus berlanjut hingga laga penutupan, melihat tim yang akan dihadapi Juergen Klopp, Southampton serta West Ham dalam dua pekan ke depan sering kali membuat kejutan kala tak diperhitungkan.

Lengah, dan Liverpool bukan hanya akan kalah, mereka juga harus siap terjun bebas dari peringkat tiga, ke posisi lima klasemen akhir Premier League, sehingga kembali gagal menembus UEFA Champions League tahun depan.

5. Manchester United maksimalkan peluang

Jatah tiket yang dilepas Liverpool harus memiliki pengganti, dan rasanya sangat pas apabila tim tersebut adalah Manchester United.

Kubu Setan Merah mungkin akan terjegal karena menurunkan pemain pelapis saat menghadapi Arsenal akhir pekan ini, tapi kekalahan itu akan menjadi dorongan bagi Mourinho untuk memicu anak-anak asuhnya lebih garang lagi.

Sejauh ini, setiap kali Mourinho melempar kritik ke para punggawanya, hal itu sukses dijawab oleh mereka. Baik itu Ibrahimovic, Mkhitaryan, Rashford, hingga Luke Shaw, semua menunjukkan kualitas sesuai tuntutan Sang Nahkoda.

Andai kata mereka gagal meraih poin melawan Arsenal, amarah Jose Mourinho akan membakar semangat Manchester United sehingga mereka tak akan lagi menjatuhkan satu poin sama sekali di liga. Alhasil, Mou yang sempat mengaku senang melihat tim asuhannya memiliki dua jendela, masuk UEFA Champions atau Europa League, akan memaksimalkan peluang dan lolos ke target tertinggi yang ada.

Prediksi klasemen akhir

  1. Chelsea – 91 poin
  2. Tottenham – 86 poin
  3. Manchester City – 76 poin
  4. Manchester United – 75 poin
  5. Liverpool – 74 poin
  6. Arsenal – 72 poin
  7. Everton – 62 poin
  8. Southampton – 51 poin
  9. Bournemouth – 46 poin
  10. Watford – 46 poin
  11. West Bromwich Albion – 45 poin
  12. West Ham United – 42 poin
  13. Crystal Palace – 41 poin
  14. Stoke City – 41 poin
  15. Leicester City – 41 poin
  16. Burnley – 40 poin
  17. Swansea City – 38 poin
  18. Hull City – 37 poin
  19. Middlesbrough – 28 poin
  20. Sunderland – 25 poin

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.