Catat Sejarah, RB Leipzig Mengaku Kalah

Hoffenheim beri kekalahan terbesar RB Leipzig | PHOTO: gettyimages / Simon Hofmann / bundeliga.com
109

Hanya terpaut tiga poin dari Bayern Muenchen sebelum laga dimulai, RasenBallsport (RB) Leipzig kehilangan kesempatan untuk terus menempel Die Roten di klasemen 1.Bundesliga. Bukan meraih tiga angka di kandang Hoffenheim, Wirsol Rhein-Necker-Arena, Timo Werner dan kawan-kawan tertunduk malu setelah dihabisi 4-0.

Hoffenheim unggul cepat pada menit ke-13 lewat Nadiem Amiri. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Lalu di awal babak kedua, nahkoda RB Leipzig Ralph Hasenhuettl melakukan dua pergantian pemain. Sayap Portugal, Bruma masuk bersama gelandang Austria, Stefan Ilsanker. Keduanya menggantikan pemain bertahan, Lukas Klostermann, dan Dayot Upamecano.

Hanya memiliki dua bek murni, pertahanan RB Leipzig kemudian dirusak oleh mantan pemain Arsenal, Serge Gnabry pada menit ke-52, dan 62. Gol kedua pemain pinjaman dari Bayern Muenchen itu bahkan dicetak dari tengah lapangan setelah melihat penjaga gawang RB Leipzig Peter Gulasi keluar posisi.

Tiga menit jelang bubaran, Mark Uth lengkapi kemenangan Hoffenheim menjadi 4-0. Hasil ini menjadi kekalahan terbesar RB Leipzig sepanjang sejarah klub.

Hoffenheim hanya menguasai 35% dari penguasaan bola. Namun dari sembilan tendangan mereka, hanya satu yang tidak mengarah ke gawang Gulacsi. Serangan balik yang efektif jadi kunci kemenangan Hoffenheim, tetapi Julian Nagelsmann mengaku banyak pemainnya belum begitu fasih dengan sistem tersebut.

“Sebagian besar pemain di tim kami masih perlu latihan lebih banyak lagi untuk berkembang,” Katanya kepada Frankfurter Allgemeine Zeitung.

Berkat kemenangan atas RB Leipzig ini, Hoffenheim naik ke posisi lima klasemen 1.Bundesliga. Mereka telah mengoleksi 23 poin, unggul satu angka dari Borussia Dortmund yang ditahan imbang oleh Bayer Leverkusen.

Mengaku kalah

Sementara RB Leipzig sendiri masih berada di posisi dua klasemen, terpaut enam poin dari Bayern Muenchen. Posisi mereka saat ini juga dapat diancam oleh tiga klub. Mereka adalah Schalke, Borussia Moenchengladbach, dan Hoffenheim, menguntil dengan maksimal selisih tiga poin.

Ralph Hasenhuettl sendiri mengaku bahwa timnya gagal memberikan penampilan terbaik melawan Hoffenheim. Bahkan ada di level yang berbeda dengan tim asuhan Nagelsmann itu. “Kami punya kewajiban untuk membuat persaingan gelar menjadi seru. Tapi hari ini (2/12) kami bermain sangat terburu-buru. Kami bukanlah lawan yang sepadan untuk Hoffenheim,” Aku Hasenhuettl seperti dilaporkan Usinger Anzeiger.

Gelandang RB Leipzig Diego Demme juga mengatakan hal serupa kepada Eurosport. “Kami tidak mencetak gol, dan bertahan dengan sangat buruk. Kami telah gagal hari ini,” Katanya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.